Monday, May 25, 2020

BERAPA JUMLAH KATA ARTIKEL BLOG YANG TERMASUK SEO ?


JUMLAH KATA ARTIKEL BLOG YANG SEO


JUMLAH KATA ARTIKEL BLOG YANG SEO


Pada pembahasan kali ini, Saya akan menjelaskan tentang topik jumlah kata artikel blog SEO. Saya sering mendengar pertanyaan semacam ini di setiap group atau forum blogger.
Sebenarnya, berapa jumlah kata yang dibutuhkan untuk sebuah artikel agar terlihat lebih SEO di pencarian Google?
Faktanya, jarang ditemui artikel yang jumlah kata dalam postingan tersebut menduduki posisi tertinggi untuk kata kunci tertentu.
Beritahu saya, bila anda menemukan artikel yang berisi di bawah 100 kata dan berada di halaman pertama hasil pencarian dengan kata kunci tertentu.
Ini sangat jarang sekali terjadi. Bahkan dari beberapa kata kunci yang sedang kami bidik, memberikan hasil yang demikian. Tidak ditemukan artikel dengan jumlah kata di bawah 100 kata.
Ini membuat kesimpulan sederhana, bahwa jumlah kata menjadi salah satu bagian penilaian dalam hal SEO.
Tapi sebelumnya, tahukah anda tentang apa itu artikel SEO? Sebaiknya, kita mulai penjelasan ini dengan hal yang paling mendasar.
Artikel SEO Adalah
Artikel SEO itu sama halnya seperti menuliskan sebuah tulisan dalam blog yang benar-benar diterima dan dimengerti oleh mesin robot Google.
Kalau kita sudah berbicara SEO, saya yakin anda sudah mengetahui tentang istilah robot google ini bukan? Benar. Robot google adalah mesin yang disediakan untuk senantiasa melakukan crawl terhadap miliaran situs dalam halaman pencariannya.
Untuk membuat sebuah artikel yang SEO, ini berkaitan dengan berapa jumlah karakter yang dibutuhkan.
Keduanya ini berkaitan. Jadi, sebagai bahan dasar diperlukan pengetahuan tentang artikel SEO.
Kalau dilihat dari subjudul ini, nampaknya cukup memaksakan.
Jadi gini. Ketika kita berbicara persoalan SEO, tentu itu harus dibatasi. Google, belakangan ini lebih mengutamakan penggunanya.
Jadi, untuk penerapan SEO ini, kita harus lebih memperhatikan tentang penggunaan kata dan kalimat yang kita tuliskan dalam artikel. Jangan sampai, hanya untuk mencari SEO dalam artikel, kita memaksakan bahkan kalimat yang disajikan itu tidak dapat dimengerti oleh pembaca.
Jadi, jangan hanya terbatas pada tehnik saja atau kuantitas saja, melainkan kita juga harus memperhatikan kualitas yang ada pada tulisan kita.
Intinya, jangan terlalu memaksakan trik yang akan dibagikan ini. Nanti justru malah merugikan konten anda.
Jangan semata-mata SEO itu diartikan sebatas bagaimana artikel itu muncul dalam rangking Google. Padahal, masih banyak hal di belakangnya yang perlu anda ketahui dan terapkan, seperti kecepatan, meta tag, dan tentang berapa jumlah kata artikel seo untuk pengguna blogger ini.
Jumlah Kata Artikel SEO
Ini topik intinya. Sebenarnya, berapa jumlah kata aartikel SEO itu? Mengenai hal ini, beberapa pakar itu berbeda-beda pendapat. Anda dapat mencari informasi yang lebih untuk mendukung ini.
Sejauh ini, saya mengamati bahwa cukup banyak artikel yang muncul dalam pencarian Google dengan kapasitas jumlah kata yang cukup banyak.
Apakah kata yang banyak itu sudah pasti bagus?
Tidak. Tentu saja itu tidak menjamin. Terlebih lagi, bila tidak memperhatikan atau menempatkan kata kunci dengan baik dalam postingan.
Tentu semuanya itu akan sia-sia. Waktu yang dibutuhkan juga tidak sedikit kan?
Jadi, saya beranggapan bahwa jumlah kata untuk artikel agar terlihat SEO adalah lebih adri 500 kata.
Bahkan, di salah satu postingan blog, saya menemukan hampir mencapai 5000 kata dalam satu artikel saja. Ini tentu memiliki nilai tersendiri.
Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, banyak kata saja itu tidak cukup. Ada hal yang perlu diperhatikan tentang kualitas sebuah postingan blog.
Contohnya saja, deskripsi penelusuran, judul yang baik, kata kunci, dan lain sebagainya itu haruslah tepat dan diterapkan dengan baik.
Tetapi, dalam membuat artikel, tentu anda sudah tahu bahwa tidak boleh melakukan plagiasi atau copy paste. Itu merugikan anda sendiri.

Contoh Tulisan SEO Friendly
Saya pikir, sudah cukup banyak contoh tulisan SEO friendly yang beredar di Google. Anda dapat melihatnya dan menganalisa sendiri.
Sebagai contoh, saya kasi satu rujukan. Lihatlah artikel yang ditulis oleh Neil Patel dalam Blognya. Beliau menuliskan cukup banyak sekali kata dalam setiap postingannya.
Anda dapat meniru itu untuk langkah yang baik. Saya juga sedang berusaha untuk mengikutinya.
Gunakan keyword dalam konten anda. Perhatikan link di dalamnya, baik internal link maupun eksternal link. Sejauh ini, saya lebih tertarik dengan internal link.
Jangan lupa juga untuk memperhatikan struktur halaman, mulai dari H1 hingga pada H6. Hal ini merupakan elemen penting dalam sebuah blog.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan persoalan gambar. Sebuah tulisan memang tidak lengkap bila tanpa menghadirkan media seperti gambar atau video di dalamnya. Oleh Karena itu, bila berencana untuk menampilkan gambar di sebuah halaman pos, pastikan itu benar-benar baik. Hal ini seperti mengisi judul yang sesuai (mengandung kata kunci), mengisi ALT Text untuk gambar, memperkecil ukuran gambar, dan lain sebagainya.

Selain itu, keterbacaan adalah hal pokok yang paling utama. Kebanyakan orang, atau orang awam mungkin akan berpikir bahwa tulisan itu seperti apa yang ada di buku-buku cetak lainnya.

Hal ini sedikit berbeda dengan blog. Blog justru berbalik dari itu. Bilamana sebuah paragraph itu berisi lebih dari 5 baris, tentu saja ini akan lebih rentan untuk membuat rasa bosan pembaca.

Oleh karenanya, membuat paragraf yang singkat dan jelas adalah solusi terbaik. Jangan sampai pengunjung merasa tidak nyaman, dengan tampilan yang terlalu memaksa.
Demikian artikel tentang jumlah kata artikel blog yang SEO. Semoga dapat memberi manfaat. Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga
Previous Post
Next Post

0 Komentar: