Monday, May 25, 2020

MANFAAT NGEBLOG YANG JARANG DIKETAHUI


Manfaat ngeblog

MANFAAT NGEBLOG YANG JARANG DIKETAHUI

Berbicara persoalan manfaat, memang tiada habisnya. Hapir setiap perkara yang kita lakukan selalu dikaitkan dengan berbicara persoalan manfaat ngeblog. Hal yang sangat wajar, bila kita berbicara persoalan finansial dalam mempertimbangkan keuntungan. Misalnya begini, apa manfaat dari berjualan? Tentu untuk menghasilkan uang. Cukup sederhana, bila kita hanya mengartikan manfaat itu bernilai finansial. Lantas, bagaimana dengan Blog?

Ngeblog itu, merupakan sebuah kegiatan yang identik dengan menulis. Isi tulisannya, berbagai macam. Ada orang yang ngeblog dengan menuliskan artikel tentang pendidikan, ada tentang tutorial, ada tentang softwere, dan lain sebagainya. Membuat artikel itu, bukan perkara yang mudah. Tidak bisa dilakukan hanya dengan sekejap mata. Mengingat dari perilaku yang ada dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam membuat satu artikel, lantas apa yang diuntungkan dari kegiatan blogging atau ngeblog ini?

1. Memperkenalkan Diri
Blog, merupakan sebuah wadah untuk siapa saja yang mendaftar akun di Google. Siapa saja bisa mendaftar dan menulis di blog mereka, lalu mempublikasikannya di Internet sehingga dapat dilihat oleh warganet lainnya.

Saat ini, sudah menjadi sebuah kebutuhan akan internet. Dimana-mana, bahkan dilingkungan kita sendiri, tidak dapat dihindarkan lagi akan keberadaan internet. Bahkan, untuk mencari sebuah cara atau jalan keluarpun terkadang berkunjung ke mbah google.

Bayangkan dengan banyaknya manusia yang menggunakan internet dalam kegiatan sehari-harinya, maka disitulah kesempatan anda untuk memperkenalkan diri kepada warganet. Dengan menggunakan blog, anda dapat mempublikasikan apapun yang anda ketahui untuk dijadikan bahan bacaan bagi para warganet yang jumlah terntu sangatlah besar.

Anda, dalam memperkenalkan diri juga dapat melakukan berbagai hal di blog anda. Misalnya, anda dapat menuliskan tentang keseharian anda di blog, lalu mempromosikannya di internet. Atau, orang lain membaca artikel anda dan melihat profil anda di blog. Tentu, ini adalah langkah yang cukup baik untuk memperkenalkan diri anda di dunia internet. Walau cukup luas, bukan berarti tidak mungkin. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk sampai pada tahapan itu, yakni memahami akan SEO Blog dalam Google.

2. Berjulan di Internet
Seperti apa yang diutarakan pada penjelasan sebelumnya, bahwa anda dapat melakukan apa saja yang anda inginkan di blog anda sendiri. Dalam pembahasan ini, anda juga dapat berjualan di blog anda sendiri. Penjualan online, belakangan ini mulai marak di masyarakat kita. Setiap orang, bahkan mungkin kita sendiri pernah menerapkan kegiatan belanja online ini. Anda, juga dapat melakukan hal yang sama. Anda dapat menjual apapun yang anda jual di blog anda.

Dengan mendesain sedemikian rupa, blog anda akan menjadi blog penjualan. Anda akan dapat lebih leluasa dalam menerbitkan produk yang ingin anda jual. Tentu, ini sebuah manfaat dalam mebuat blog.

Terdapat beberapa catatan, bahwa orang tidak akan dapat berkunjung ke blog penjualan anda, bila anda tidak memberitakannya kepada orang lain. Banyak cara yang dapat diperhatikan, antara lain yaitu SEO Blog, Traffict blog, Desain blog, dan lain sebagainya. Pada intinya, traffict merupakan hal yang utama untuk eksistensi sebuah blog di internet.

3. Membuat Buku
Dalam membuat sebuah buku, tentu tidak dilakukan dengan instan. Membutuhkan beberapa waktu yang dirasa tidak sebentar. Pernahkah anda merasa bosan ketika setiap hari harus membuka tampilan Ms. Word, dan menulis di dalamnya? Itu terjadi karena Ms. Word sendri terlihat seperti tampilan statis. Berbeda dengan blog, ketika anda menuliskan sesuatu, anda akan menunggu hasilnya saat dipublikasikan, dan terlihat lebih menarik sesuai dengan template blog anda.

Anda dapat menjadikan blog anda sebagai tempat dikumpulkannya beberapa tulisan anda yang memiliki niche yang sama. Ketika itu sudah terkumpul banyak, maka bukan hal yang tidak mungkin untuk anda menerbitkan sebuah buku. Bagian ini juga merupakan sebuah manfaat bila anda ngeblog.

4. Copyright Tulisan Anda.
Blog, itu identik dengan tulisan. Jadi, saat anda menulis dan mempublikasikannya di blog, maka tulisan anda akan muncul di google. Permasalahan yang belakangan ini menjadi momok yang sangat diperhatikan adalah copyright. Dimana, setiap tulisan-tulisan atau karya ilmiah anda dinilai plagiasi. Itu mengapa? Karena, tulisan anda itu sudah ada di internet pada masa sebelumnya. Ketikan anda menuliskannya ulang, dan di cek, maka tulisan anda dituding sebagai plagiasi.

Menulis di blog, akan membuat tulisan anda dari kalimat per kalimat itu masuk ke dalam index google. Jadi, tulisan itu akan muncul di google ketika orang mencarinya. Lalu, sebaliknya, ketika oranglain menulis tulisan yang sama dengan tulisan anda yang lebih dulu ada di internet, kemudia dia melakukan cek pada tulisannya, maka dia terdeteksi Plagiasi, dan deteksi yang ada itu, mengarah ke tulisan anda di blog. Tentu, ini sangatlah menarik mengingat sistem plagiasi yang belakangan ini mulai menjadi perhatian, bahkan di beberapa kampus sudah mulai diberlakukan untuk setiap karya ilmiah.

5. Melatih Diri Untuk Menulis
Pernahkah anda merasakan jenuh akan menulis sesuatu topik? Atau merasa buntu dalam menulis sesuatu? Itu semua belum menjadi kebiasaan. Bilamana seseorang itu sudah terbiasa untuk menulis, maka kesulitan yang ada sedikit demi sedikit mulai berkurang.

Menulis di blog, akan membiasakan anda untuk menceritakan sesuatu dalam tulisan. Lambat laun, anda akan lebih terbiasa untuk menulis dan membuat sebuah alur cerita. Tentu, ini sebuah kebiasaan yang baik bagi anda.


6. Penyedia Iklan
Bagian ini, merupakan bagian yang cukup tinggi. Maksudnya adalah bahwa, dengan blog yang anda miliki, anda dapat menawarkan iklan kepada pihak luar untuk mengiklankan produknya di blog anda. Cara yang ditempuh pun beragam, anda dapat langsung memberikan tawaran kepada pemilik produk, untuk mengiklankan produknya di blog anda. Biaya yang ditawarkan tentu beragam juga, kembali kepada pemilik blog itu sendiri. Umumnya, biasa yang untuk iklan semacam ini berkisar antara 100-300 ribuan per bulan.

Namun, ada hal-hal yang perlu anda pertimbangkan disini. Sebelum sampai pada tahapn ini, anda harus memperhatikan kualitas dari blog anda sendiri. Hal yang paling mendasar adalah tentang visitor dari blog anda. Bagaimana mungkin orang mau beriklan di blog anda, sementara iklannya tidak ada yang melihat? Artinya, semakin banyak visitor blog anda, maka anda bisa lebih leluasa dalam menargetkan harga slot untuk iklan yang anda tawarkan. Menarik bukan?



7. Patner Google Adsense
Google AdSense belakangan ini mulai meroket namanya. Banyak para blogger yang beralih menjadi publisher Google AdSense. Mengapa hal itu bisa terjadi? Apa sebenarnya Google AdSense itu?

Google sendiri, yang saat ini merupakan perusahaan terbesar di dunia hingga kini menjadi kepercayaan masyarakat untuk situs pencarian. Google sendiri, sudah menyediakan layanan iklan bagi siapa saja yang ingin beriklan di internet. Jenis iklan yang diterima google sendiri, nantinya akan disebarkan melalui blog-blog yang dinilai baik oleh google. Lalu, blog siapakah itu? Blog yang anda buat juga diperbolehkan untuk mendaftar menjadi publisher Google AdSense dengan syarat tidak melanggar Syarat dan Ketentuan dari Google AdSense itu sendiri. Dengan menjalankan iklan Google AdSense, anda akan mendapatkan pundi-pundi rupiah dari visitor yang berkunjung di Blog anda. Terlebih lagi, bila pengunjung meng-Klik Iklan anda, maka akan mendapatkan nilai rupiah lebih. Namun, keseluruhannya itu bergantung pada ketentuan google sendiri, yang bisa saja berubah kapanpun.


Beberapa manfaat yang dipaparkan di atas itu bersifat pribadi. Ada kalanya, berlaku pada sebagian orang, namun tidak pada sebagian yang lain. Oleh sebab itu, mengingat bahwa blog adalah sebuah wadah untuk menulis sebuah artikel, maka secara umum dianggap dapat memberi manfaat. Hanya, bergantung pada pelaksana dari blog itu sendiri, akan arah yang harus di tempuh dalam sebuah blog miliknya.


Baca Juga
Previous Post
Next Post

0 Komentar: