Monday, May 25, 2020

PENTINGNYA FAVICON / ICON PADA BLOGGER



favicon

FAVICON BLOGGER

Favicon dapat juga disebut sebagai simbol dari sebuah halaman yang tampil. Dalam bahasan ini, halaman yang dimaksudkan itu adalah halaman web (webpage). Penggunaan favicon merupakan hal yang perlu untuk diterapkan bagi sebuah halaman blog. Mengapa? Sebelum menjawab hal ini, tentu hal mendasar yang perlu diketahui adalah tentang favicon itu sendiri. Berikut ini akan diulas lebih mendalam tentang favicon bloggeer.

Pengertian Favicon

Sebenarnya, apa itu favicon? Favicon merupakan sebuah istilah untuk halaman web. Biasanya dikaitkan dengan logo sebuah alamat url, alamat blog, atau yang lainnya. Hal ini merupakan hal yang umum dalam kajian internet. Cukup jarang sekali ditemukan sebuah alamat web yang tidak memiliki favicon.



Demikian pula hal nya dengan blogger. Berbagai macam template blogger yang beredar di dunia maya, biasanya sudah memiliki tempat untuk sebuah favicon dalam halaman html mereka. Oleh sebab itu, hal ini akan lebih mudah diganti melalui Tata Letak (Layout).


Dalam html, kode favicon ini biasanya berada dalam halaman meta tag. Secara manual, favicon juga dapat ditempelkan dalam halaman html di blogger. Untuk kodenya sendiri, dapat melihat pada kolom di bawah ini:


<link rel="shortcut icon" href="/path/to/favicon.ico">
Atau dapat juga berupa:



<link rel="icon" type="image/png" sizes="16x16" href="/favicon-16x16.png">

Ukuran Untuk Favicon Blogger
Ukuran menjadi sesuatu penentu berhasil atau tidaknya sebuah favicon itu diterapkan dalam sebuah halaman blog. Favicon tentu berbeda dengan gambar sebagaimana biasanya. Umumnya, menggunakan gambar dalam halaman postingan tentu membutuhkan ukuran gambar yang besar. Sementara, hal ini tidak sama dengan yang ada pada favicon.



Ukuran yang dibutuhkan untuk sebuah favicon di blogger adalah sebesar 60 x 60 pixel. Ukuran ini merupakan ukuran yang kecil. Maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan gambar yang sederhana dan memiliki kualitas yang baik. Mengapa? Karena favicon ini merupakan sebuah logo yang saat terbuka di halaman blogger terlihat lebih kecil.


Umumnya, pada pengguna membuat simbol khusus untuk favicon mereka sehingga terlihat lebih sederhana. Blogger adalah contohnya. Pada halaman blogger, akan terlihat simbol bertuliskan teks "B" dengan perpaduan warna orange yang cerah. Sehingga, hal ini lebih mudah terlihat oleh pandangan mata walau dalam ukuran yang lebih kecil. Contoh ini dapat dijadikan sebagai panduan dalam membuat favicon blogger.


Cara Membuat Favicon Blogger
Membuat favicon blogger, sejatinya bergantung pada pemilik blog itu sendiri. Membuatnya tidak sesulit yang dibayangkan. Favicon adalah gambar atau yang biasa disebut sebagai logo sebagai penanda tentang keberadaan sebuah situs blog. Umumnya, favicon berbentuk gambar dengan format file seperti JPG, PNG, SVG, dan lain sebagainya. Yang manapun itu, tetap tidak menjadi kesalahan.

Anda dapat membuatnya melalui aplikasi photoshop. Ini sangat bebas. Anda dapat menambahkan atau membentuk gambar apapun itu sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah semuanya beres, hasil editing dapat disimpang dalam bentuk file PNG. Biasanya, bentuk PNG lebih banyak digunakan orang untuk dijadikan logo situs blog mereka. Oleh karenanya, menggunakan PNG akan lebih baik.
Walau demikian, penggunaan SVG juga sangat baik.

Tetapi dengan catatan, bila anda mengetahui tentang cara membuatnya. SVG sendiri itu sejatinya valid dengan code-code. Jadi, sebaiknya pelajari terlebih dahulu tentang SVG itu, dan cara menggunakannya. Bila ingin sesuatu yang lebih nyaman dan mudah, gunakan format File PNG. Ini akan membantu.

Cara Mengganti Favicon Blogger

Mengganti favicon blogger bukanlah perkara yang sulit. Tanpa mengetahui tentang kode html, pengguna tetap dapat mengganti favicon mereka. Cara yang dapat diterapkan untuk mengganti favicon antara lain sebagai berikut:

1.   Masuk ke dashboard blogger
2.   Pilih Tata Letak (dalam bahasa Inggris tertulis Layout)
3.   Klik edit pada kotak favicon.
4.   Muncul tab baru dan kemudian upload favicon yang diinginkan.
5.   Simpan.

Proses penggantian favicon ini membutuhkan beberapa waktu. Hal ini tidak akan langsung terganti begitu saja. Namun, waktu yang dibutuhkan itu biasanya tidak terlalu lama. Paling tidak, membutuhkan waktu 1-2 jam.

Namun, 1-2 jam adalah hal yang biasanya terjadi. Tetapi pada dasarnya, favicon sebuah halaman web/blog akan terganti ketika Google kembali merayapi sebuah halaman blog, lalu kemudian menampilkannya pada sebuah hasil pencarian.

Favicon Blogger Yang SEO
Berbicara persoalan SEO, nampaknya di beberapa layanan cek skor SEO ditemui bahwa favicon adalah salah satu bentuk penilaian mereka. Hal ini terjadi pada banyak layanan cek skor SEO blog. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk memutuskan membuat favicon dalam sebuah halaman blog.

Hal ini akan lebih serius bila pengguna blog menggunakan CMS selain blogger. Bila sebaliknya (pengguna blogger), favicon akan mengikuti dari blogger itu sendiri (berlogo "B"). Hal ini tetaplah favicon dan tidak ada hal yang perlu dilakukan disini. Namun, bila pengguna ingin mengganti dengan logo mereka untuk menambah keterpercayaan profesionalitas mereka dalam blogging, maka perlu memperhatikan bentuk favicon yang akan diterapkan di halaman blognya.


Ketahuilah lebih dalam tentang ukuran favicon yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini menjadi poin utama dalam hal membuat favicon blogger SEO. Kemudian disamping itu, SEO tidak melulu berbicara persoalan mesin pencari. SEO juga berbicara soal humanity (manusia/pengunjung). Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk menerapkan gambar yang jelas dan tidak terlalu ramai akan warna. Gambar favicon yang lebih polos akan lebih mudah diingat dan tidak menyulitkan pengunjung blog.



Baca Juga
Previous Post
Next Post

0 Komentar: